Mekanisme Penyelesaian Pengaduan

A.      TAHAPAN PENANGANAN PENGADUAN
  1.     Pencatatan
  2. Penelaahan
  3. Penyaluran
  4. Pembentukan Tim Pemeriksa
  5. Survey pendahuluan
  6. Menyusun rencana pemeriksaan
  7. Pelaksanaan pemeriksaan
       
B.   PENERIMAAN PENGADUAN
  1. Pengadilan Agama Lahat akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Lahat hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.
  3. Pengadilan Agama Lahat akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  4. Pengadilan Agama Lahat menerima Pengaduan melalui Telepon, Faksimili, Sms, Email, Surat atau melalui Meja Pengaduan yakni pada hari dan jam kerja (Senin s/d Jum'at) pukul 08.00 s/d 16.30 WIB.
  5. Petugas meja pengaduan pengadilan memberikan Tanda Terima Pengaduan kepada Pelapor, ketika laporan diajukan secara langsung melalui Meja Pengaduan. Pelapor yang menyampaikan pengaduan melalui website akan mendapatkan Tanda Terima pengaduan dalam bentuk elektronik
  6. Pengaduan yang diterima akan melalui proses penelaahan awal sebelum dapat ditentukan untuk ditindaklanjuti dengan proses pemeriksaan atau tidak
  7. Apabila berdasarkan hasil penelaahan awal pengaduan dinilai dapat ditindaklanjuti, Mahkamah Agung/Pengadilan Lahat akan membentuk Tim Pemeriksa yang akan melakukan pemeriksaan untuk membuktikan kebenaran pengaduan
  8. Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan, materi pengaduan terbukti kebenarannya, Terlapor akan dijatuhi sanksi/hukuman disiplin oleh Pimpinan Mahkamah Agung/Pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  9. Dalam hal pengaduan tidak terbukti kebenarannya, maka pengaduan akan diarsipkan dan dapat digunakan sewaktu-waktu apabila diperlukan
  10. Pelapor dapat meminta informasi mengenai tindaklanjut/tahapan penanganan pengaduan kepada Meja Pengaduan
     
C.   PEMERIKSAAN PENGADUAN
  1.   Memeriksa pengaduan, meliputi :
    -    Indentitas pengadu
    -    Relevansi kepentingan pengadu
    -    Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya
    -    Bukti-bukti yang dimiliki pengadu
  2. Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut
  3. Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi:
    -    Identitas
    -    Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat
    -    Klarifikasi atas hal yang dilaporkan
  4. Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya
  5. Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir  
  6. Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan)  
  7. Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan)