b berita

Penyuluhan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Written by admin PA LAHAT. Posted in Berita Terkini

Written by admin PA LAHAT. Hits: 5Posted in Berita Terkini

Lahat, Selasa 2 April 2019, Ketua Pengadilan Agama Lahat kelas I B, Drs Darul Husni SH, M.H.I. Menghadiri acara pencegahan dan Penanganan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang diselenggarakan oleh pemerintah kabupaten Lahat

Dalam Acara tersebut Ketua Agama lahat Menjadi Narasumber yang Berkaitan dengan acara tersebut. dalam acara tersebut narasumber memberikan pesan dalam Keutuhan dan kerukunan rumah tangga yang bahagia, aman, tenteram, dan damai merupakan dambaan setiap orang dalam rumah tangga. Negara Republik Indonesia adalah negara yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dijamin oleh Pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Dengan demikian, setiap orang dalam lingkup rumah tangga dalam melaksanakan hak dan kewajibannya harus didasari oleh agama. Hal ini perlu terus ditumbuhkembangkan dalam rangka membangun keutuhanrumahtangga.
           Untuk mewujudkan keutuhan dan kerukunan tersebut, sangat tergantung pada setiap orang dalam lingkup rumah tangga, terutama kadar kualitas perilaku dan pengendalian diri setiap orang dalam lingkup rumah tangga tersebut. Keutuhan dan kerukunan rumah tangga dapat terganggu jika kualitas dan pengendalian diri tidak dapat dikontrol, yang pada akhirnya dapat terjadi kekerasan dalam rumah tangga sehingga timbul ketidakamanan atau ketidakadilan terhadap orang yang berada dalam lingkup rumah tangga tersebut.
           Untuk mencegah, melindungi korban, dan menindak pelaku kekerasan dalam rumah tangga, negara dan masyarakat wajib melaksanakan pencegahan, perlindungan, dan penindakan pelaku sesuai dengan falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Negara berpandangan bahwa segala bentuk kekerasan, terutama kekerasan dalam rumah tangga, adalah pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan terhadap martabat kemanusiaan serta bentuk diskriminasi.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Lahat

Jl. Kolonel Barlian Bandar jaya - Kota Lahat, Sumatera Selatan 31414

Telp/Fax: 0731-321137

Website : www.pa-lahat.go.id

Email : pengadilan_agama_lahat@yahoo.com