Pengadilan Agama Lahat. Pada hari Selasa tanggal 25 November 2020,  Pengadilan Agama Lahat mengadakan Penanda tanganan Memorandum Of Understand (MOU) Nota kesepakatan antara Pengadilan Agama Lahat Kelas IB dengan stockholder (Bank Syariah Mandiri Cabang Lahat dan Kantor Urusan Agama  Pagar Gunung Kabupaten Lahat) yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Lahat. Bapak Misdaruddin, S.Ag. M.H., Hakim Drs.Nusirwan, S.H.M.H, Panitera Drs.Sahim , Sekretaris, Bapak Hendri Suryana, S.Ag. yang membahas kerja sama antara Pengadilan Agama Lahat dengan Bank Syariah Mandiri Bidang Setoran Biaya Perkara dan lain-lain dan kerja sama dengan Kantor Urusan Agama Pagar Gunung tentang Itsbat Nikah dan lain lain.

 

Wakil Ketua Pengadilan Agama Lahat dalam sambutannya mengatakan bahwa kerja sama ini sangat membantu dan memudahkan para pihak pencari yang akan berperkara di Pengadilan Agama Lahat, Kemudian sambutan dari Manager Bank Syariah, Dari Mandiri Cabang Lahat yang dihadiri oleh Manager, ibu Maulya Elsyahnti Putri, dan dari pihak Kantor Urusan Agama Kecamatan Pagar Gunung dihadiri Langsung oleh bapak Amiruddin, S.Pdi. dalam pertemuan dan pembahasan tersebut, hal hasil sangat diterima oleh pihak PA Lahat dan kedua belah pihak tersebut. Dan saat pertemuan tersebut Pa lahat mengadakan penandatangan izin kerjasama bersama pihak Bank Syariah MandiriCab. Lahat dan KUA Pagar Gunung Kab. Lahat. Saat pertemuan telah usai PA Lahat melakukan sesi-sesi foto bersama sebagai ikatan silaturahim kerja sama (eviden).

 

 

 

Humas PA Lahat.

 

 


اِنّا لِلّهِ وَاِنّا البه راجعون


 

Keluarga besar PA Lahat: wakil Ketua, Para Hakim, Panitera, Sekretaris, Para Pejabat Struktural & Fungsional, Pegawai, Honorer, TKS Serta Dharmayukti Karini, Pengadilan Agama Lahat Kelas IB turut Berduka Cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah  Bapak Drs. Edison, M.A., (Sekretaris PTA Palembang pada hari Ahad malam Senin tanggal 22 November 2020 pukul 20.30 WIB)
Insha Allah Almarhum Husnul Khotimah, diampuni segala dosa dan khilafnya diterima Allah amal ibadah dan segala kebaikannya. ALMARHUM min AHLIL KHOIR serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, Aamiin

 



‎اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّار



آمِــــــــــيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْن

 

 

Humas PA Lahat

Pa-Lahat, Selasa, 17 November 2020. Tim assessor Akreditasi Penjaminan Mutu dari Badilag dengan Lead Assessor Ibu Karyarini Fatonah, S.H., M.M. (Sekretaris PTA Yogyakarta) dengan assessor pendamping Miftah Nurul Anwar, S.H., M.M., Hj, Fara Umitha, S.H., dan Arpita Fitriyani, S.H., dari Pengadilan Tinggi Agama Palembang., bergerak cepat dalam pelaksanaan surveillance APM ke-2 di Pengadilan Agama Lahat.

Sejak pagi hingga jam istirahat siang ini Tim "bergerilya" melakukan observasi sarana dan prasarana dari ruang ke ruang, mengecek inovasi dan pemanfaatan inovasi, bahkan mewawancarai para tamu yang datang ke Pengadilan Agama Lahat, yang kebetulan jadwal sidang hari itu sedang lumayan banyak, sehingga agak ramai pengunjung.

Tim juga memeriksa berbagai dokumen APM, baik dokumen master, Risk register, pelakasanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), keberlanjutan implementasi APM dari assesment sebelumnya, kontrak kinerja, Survei Kepuasan Masyarakat beserta laporan 6 bulanannya. Selain itu, Tim juga melihat bagaimana kesesuaian pelayanan perkara antara data yang tersaji di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dengan keadaan sebenarnya, untuk memastikan bahwa perkara program one day minut dan one day publish telah terlaksana demi terciptanya pelayanan prima di Pengadilan Agama Lahat, meskipun dengan jumlah SDM yang bisa dikatakan kurang jumlahnya.

Setelah selesai dengan observasi, dilaksanakan acara Evaluasi Akreditasi Penjaminan Mutu. Acara dibuka oleh Ketua APM Drs. Nusirwan, S.H., M.H., dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Mahkamah Agung. Setelah Sekretaris PA Lahat, Hendri Suryana, S.Ag, memimpin pembacaan doa, kemudian Wakil Ketua Pengadilan Agama Lahat Kelas IB, Misdaruddin, S.Ag., M.H. melakukan presentasi APM PA Lahat secara langsung.

Tiba saat Lead Assessor Badilag memaparkan hasil observasi yang telah dilaksanakan bersama tim. Lead Assessor dalam beberapa hal memberikan apresiasi positif untuk PA Lahat, dan tentu saja dalam kesempatan itu disampaikan pula beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama seluruh jajaran di Pengadilan Agama Lahat untuk dapat diubah dan ditingkatkan kualitasnya sesegera mungkin, seperti penyusunan risk register dan tindaklanjut terhadap survei kepuasan masyarakat jika ada nilai yang rendah. 

 

Di akhir acara, Lead Assessor menyerahkan Dokumen Kontrak Kerja kepada PA Lahat yang diwakili Wakil Ketua PA Lahat, untuk ditindaklanjuti segera dan dilaporkan kembali hasil tindak lanjutnya. Sebagai penutup, Tim Assessor Badilag bersama seluruh jajaran PA Lahat melakukan foto bersama.

 

Humas PA Lahat

 

 

       Rabu, 18 november 2020. Pa lahat telah melakukan pelaksanaan Desk Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) oleh Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

 

Pelaksanaan Desk Evaluasi ini dengan metode  daring menggunakan Aplikasi Zoom, ini dilaksanakan di kantor PA Lahat, yang di hadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Lahat Kelas IB , Bapak Misdaruddin, S.Ag., M.H., dan Ketua Tim Zona Integritas PA Lahat, BAPAK. DRS, Nusirwan, S.H., M.H., Sekretaris APM Lahat, Bapak Hendri Suryana, S.Ag.

 

Acara Persentasi Pembangunan Zona Integritas Pada Pengadilan Agama Lahat berjalan dengan lancar, Wakil Ketua Pengadilan Agama Lahat Kelas IB, Bapak Misdaruddin, S.Ag., M.H., dalam pemaparannya tentang Pembangunan Zona Integritas setiap Area di mulai Area 1 sampai Area 6.

 

Setelah pemaparannya oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Lahat Kelas IB , di lanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, pertanyaan yang diberikan oleh Tim Evaluator mampu di jawab dengan baik dan lancar oleh Bapak Misdaruddin, S.Ag., M.H., dan Tim Zona Integritas Pengadilan Agama Lahat .

 

Untuk itu Pa Lahat berharap pertahankan konsistensi dan kinerja serta sesuiakan apa yang di paparkan dengan kenyataannya di lapangan, ciptakan keadaaan benar –benar real sesuai dengan kriteria WBK/WBBM.

 

Humas Lahat

 

 

Artikel Selanjutnya...